Cari Blog Ini

30/09/11

Demam / Febris


BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Keadaan tubuh sehat adalah suatu harga mutlak yang harus dimiliki oleh seorang manusia. Manusia dapat melaksanakan segala aktivitasnya dalam keadaan sehat. Keadaan sehat juga dapat mempengaruhi kondisi psikis seorang manusia, sehingga keadaan sehat juga berpengaruh dalam jasmani dan rohani manusia dalam hidup. Namun sesuai kodrat yang asalnya dari Allah SWT sang maha pencipta, manusia tidaklah selalu merasakan sehat dalam hidupnya. Keadaan sakit dapat menerpa siapapun manusia tersebut (Aziz,S., 2008).
Penyakit dapat didefenisikan sebagai perubahan pada individu-individu yang menyebabkan parameter kesehatan mereka berada dibawah kisaran normal. Dalam kisaran yang sebenarnya penyakit tidaklah melibatkan perkembangan suatu bentuk kehidupan yang benar-benar baru. Penyakit merupakan suatu bentuk kehidupan dari agen luar yang akan mengganggu kehidupan tubuh manusia. Terdapat bermacam-macam penyakit di dunia ini. Terpadat macam-macam pula gejala yang menandai tubuh terinfeksi oleh suatu penyakit salah satunya demam (Price et al, 2005).
Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Oleh karena adanya demam inilah tubuh dapat secara pelan-pelan mencoba untuk menghancurkan agen-agen patogen yang akan menginvasi tubuh (Anonim,A., 2008).
Oleh karena pentingnya demam sebagai respons protektif tubuh terhadap agen luar maupun sebagai gejala suatu penyakit inilah, maka penulis akan  membahasnya didalam laporan tutorial yang berjudul Peran Demam Sebagai Gejala Tubuh Terhadap Invasi Agen Patogen Asing.




B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dicantumkan di atas maka penulis dapat merumuskan berbagai masalah sebagai berikut:
1.              Apa yang dimaksud dengan demam dan fungsinya?
2.              Adakah kaitannya demam dengan keadaan sistem imun tubuh?
3.              Apakah yang menyebabkan demam itu terjadi?
4.              Bagaimanakah mekanisme terjadinya demam?
5.              Bagaimanakah kerja hipotalamus pada saat demam terjadi?
6.              Apa sajakah jenis-jenis demam?
7.              Bagaimanakah keadaan metabolisme tubuh pada saat terjadinya demam?
8.              Bagaimanakah cara penatalaksanaan pada saat terjadi demam?

C.      Tujuan
Melalui cakupan laporan tutorial ini. Penulis menginginkan dapat mencapai tujuan seperti berikut ini :
1.             Mahasiswa mengerti tentang pengertian dan fungsi demam.
2.             Mahasiswa mengerti mekanisme terjadinya demam.
3.             Mahasiswa mengerti mekanisme kerja organ tubuh pengatur demam.
4.             Mahasiswa mampu menyebutkan agen-agen penyebab demam
5.             Mahasiswa mengetahui cara penatalaksanaan saat terjadinya demam.

D.      Manfaat
Melalui laporan tutorial ini, diharapkan supaya dapat dipetik manfaatnya seperti:
1.             Mahasiswa dapat mengetahui pengaruh keadaan sistem imun terhadap demam.
2.             Mahasiswa mengetahui pentingnya demam sebagai respons protektif terhadap agen-agen patogen.
3.             Mahasiswa tahu akan mekanisme kerja saat terjadinya demam.
4.             Mahasiswa mengetahui macam jenis demam.

BAB II
STUDI PUSTAKA

A.      Apa yang dimaksud dengan demam?
Demam adalah tindak balas normal badan terhadap sebarang jangkitan dan penyakit-penyakit lain. Ia bukanlah satu penyakit tetapi gejala yang selalunya menandakan anda mempunyai penyakit-penyakit yang ringan (tidak serius). Suhu badan normal adalah 37°C, jika melebihi tahap ini anda akan disahkan demam (Anonim,B., 2009).
Demam adalah tanda infeksi, namun penderita penyakit serius dengan infeksi dapat tanpa demam atau suhu lebih rendah daripada normal. Lagipula ada banyak penyebab demam selain infeksi. Demam adalah akibat kondisi yang ditimbulkan oleh perubahan dalam pusat pengatur panas melalui pengaruh sitokin yang dihasilkan oleh makrofag (Shulman et al, 1994).
Demam karena infeksi bersifat menguntungkan karena mengurangi stabilitas lisosom, meningkatkan efek interferon, dan merangsang mobilitas leukosit dan aktivitas bakterisidal. Demam berbeda dengan hiperpireksia maupun dengan hipertermia karena keduannya tidak memiliki batasan atas kenaikan suhu. Demam tidaklah sama dengan hipertermia, yang diartikan sebagai peningkatan suhu tubuh yang tidak terkontrol. Hipertermia dapat diakibatkan oleh pembentukan panas yang berlebihan atau gangguan pengeluaran panas (Declan, 1997).
B.       Apa kaitan antara demam dengan keadaan sistem imun tubuh?
       Sistem imun seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, kita sangat bergantung pada imunitas yang utuh. Gangguan pertahanan imun yang disebabkan oleh keadaan imunodefisiensi akan mengakibatkan tubuh manusia mudah terserang oleh infeksii dan beberapa jenis tumor (Robbins et al, 2007).
       Fungsi sistem imun pada tubuh manusia adalah membedakan diri sendiri dari asing. Semua organisme adalah integrasi rumit beragam sel, jaringan, dan organ yang masing-masing diperlukan demi kelangsungan hidup. Untuk menunjang kehidupan, suatu organisme harus mampu melindungi diri dari ancaman terhadap jati-dirinya. Ancaman ini datang dari luar atau dari dalam tubuh.
       Untuk melindungi diri dari ancaman terhadap jati-dirinya, tubuh manusia telah mengembangkan reaksi pertahanan selular yang disebut respons imun. Mekanisme-mekanisme ini dapat disebut sebagai imunitas tubuh yaitu suatu keadaan perlindungan yang ditandai dengan daya ingat dan spesifisitas. Daya ingat adalah meningkatnya kemampuan terhadap suatu antigen karena pernah terpajan ke antigen tersebut. Fungsi utama dari imunitas adalah perannya dalam pertahanan adalah menghasilkan resistensi terhadap agen penginvasi seperti mikroorganisme, perannya dalam surveilans adalah mengidentifikasi dan menghansurkan sel-sel tubuh sendiri yang bermutasi dan berpotensii menjadi neoplasma, dan  perannya dalam homeostasis adalah membersihkan sisa-sisa sel dan zat-zat  buangan sehingga tipe-tipe sel tetap seragam dan tidak berubah (Price et al, 2005).
C.       Apa yang menyebabkan demam terjadi atau etiologi demam?
Macam-macam penyebab demam adalah sebagai berikut:
1.      Infeksi virus dan bakteri
2.      Flu dan masuk angin
3.      Radang tenggorokan
4.      Infeksi telinga
5.      Diare disebabkan bakterial atau diare disebabkan oleh virus
6.      Bronkitis akut, infeksi saluran kencing
7.      ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas)
8.      Obat-obatan tertentu
9.      Masalah-masalah serius seperti pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan radang selaput otak (Anonim,B., 2009).
D.       Bagaimana mekanisme terjadinya demam?
Demam terjadi karena penglepasan pirogen dari dalam leukosit yang sebelumnya telah terangsang oleh pirogen eksogen yang dapat berasal dari mikrorganisme atau merupakan suatu hasil reaksi imunologik yang tidak berdasarkan suatu infeksi. Dewasa ini diduga bahwa pirogen adalah suatu protein yang identik dengan interleukin-1. Didalam hipotalamus zat ini akan merangsang penglepasan asam arakhidonat serta mengakibatkan peningkatan sintesis prostaglandin E2 yang langsung dapat menyebabkan suatu pireksia (Sudoyo et al, 2007).
Penyebab eksogen demam antara lain bakteri, jamur, virus, dan produk-produk yang dihasilkan oleh agen-agen tersebut (misal, endotoksin). Kerusakan jaringan oleh sebab apapun dapat menyebabkan demam. Faktor-faktor imunologi seperti kompleks imun dan limfokin menimbulkan demam pada penyakit vaskuler kolagen dan keadaan-keadaan hiperdsensitivitas. Seluruh substansi di atas menyebabkan sel-sel fagosit mononuklear-monosit, makrofag jaringan, atau sel kupfer- membuat pirogen endogen (EP = endogenous pirogen). EP adalah suatu protein kecil yang mirip interleukin 1, yang merupakan suatu mediator proses imun antar sel yang penting. EP telah diisolasi dari netrofil, eosinofil, monosit, sel kupfer, makrofag alveoli, dan sinovium, EP juga ditemukan dalam sel-sel penyakit Hodgkin, limfoma histiositik, dan kanker sel ginjal. EP menginduksi demam melalui pengaruhnya pada area pre-optik di hipotalamus anterior. EP melepaskan asam arakhidonat di hipotalamus yang selanjutnya diubah menjadi prostaglandin. Hipotalamus anterior mengandung banyak neuron termosensitif. Area ini juga kaya dengan seroton dan norepinefrin yang memperantarai terjadinya demam. EP meningkatkan konsentrasi mediator tersebut. Selanjutnya kedua mono-amina ini akan meningkatkan adenosin monofosfat siklik (AMP siklik) dan prostaglandin di susunan saraf pusat (Declan, 1997).











Pirogen eksogen
Kompleks imun
Limfokin                                 Limfosit
                                    Merangsang
                        Sel fagosit Mononukler                       Sel-sel tumor
                                    Menghasilkan
Pirogen endogen
                                    Melepaskan
Asam arakhidonat
                        Diubah menjadi
Prostaglandin

Kadar serotonin dan norepinefrin meningkat di area pre-optik hipotalamus anterior

                        Penyimpanan panas                 Pelepasan panas (Declan, 1997).
E.       Bagaimana kerja hipotalamus pada saat terjadinya demam?
       Sebagian besar protein hasil pemecahan protein dan beberapa zat tertentu lainnya, terutama toksin liposakarida yang dilepaskan dari membran sel bakteri, dapat menyebabkan peningkatan set-point pada termostat hipotalamus. Zat yang menyebabkan timbulnya efek seperti ini adalah pirogen. Pirogen yang dilepaskan dari bakteri toksik atau pirogen yang dilepaskan dari degenerasi jaringan tubuh dapat menyebabkan demam selama keadaan sakit. Ketika set-point di pusat pengaturan menjadi lebih tinggi dari normal, semua mekanisme untuk meningkatkan suhu terlibat, termasuk penyimpanan panas dan peningkatan pembentukan panas (Guyton et al, 2008).





Bakteri, kuman, atau agen patogen
Mengeluarkan
                        Zat kimia à beredar dalam darah

Mencapai hipotalamus
                   Merespons
Hipotalamus akan mengeset termostats pengatur suhunya

Suhu tubuh naik à sistem imun tubuh aktif

Agen patogen akan merasa tidak nyaman di dalam tubuh dan akan dihancurkan oleh sistem imun yaitu leukosit, antibodi, dan zat-zat lainnya (Guyton et al, 2008).
Gambar Hipotalamus
E.       Apa sajakah jenis-jenis demam?
1.      Demam septik : pada tipe demam septik, suhu badan berangsur naik ke tingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ke tingkat di atas normal pada pagi hari. Sering disertai keluhan menggigil dan berkeringat. Bila demam yang tinggi tersebut turun ke tingkat yang normal dinamakan juga demam hektik.
2.      Demam remiten : pada tipe demam remiten, suhu badan dapat turun setiap hari tetapi tidak pernah mencapai suhu badan normal. Perbedaan suhu yang mungkin tercatat dapat mencapai dua derajat dan tidak sebesar perbedaan suhu yang dicatat pada demam septik.
3.      Demam intermiten : pada tipe demam intermiiten, suhu badan turun ke tingkat yang normal selama beberapa jam dalam satu hari. Bila demam seperti ini terjadi setiap dua hari sekali disebut tersiana dan bila terjadi dua hari bebas demam diantara dua serangan demam disebut kuartana.
4.      Demam kontinyu : pada tipe demam kontinyu variasi suhu sepanjang hari tidak berbeda lebih dari satu derajat. Pada tingkat demam yang terus menerus tinggi sekali disebut hiperpireksia.
5.      Demam siklik : pada tipe demam siklik terjadi kenaikan suhu badan selama beberapa hari yang diikuti oleh periode bebas demam untuk beberapa hari yang kemudian diikuti oleh kenaikan suhu seperti semula (Sudoyo et al, 2007)
F.       Bagaimanakah keadaan metabolisme tubuh pada saat terjadinya demam?
       Pembentukan panas adalah suatu produk utama metabolisme. Metabolisme tubuh yaitu semua reaksi kimia di dalam sel tubuh dan kecepatan metabolisme dalam keadaan normal dinyatakan dengan istilah kecepatan pembebasan panas selama reaksi kimia. Faktor-faktor yang paling penting yaitu :
1.      Laju metabolisme basal semua sel tubuh
2.      Laju metabolisme tambahan yang disebabkan oleh aktivitas otot termasuk kontraksi otot yang disebabkan oleh menggigil
3.      Metabolisme tambahan yang disebabkan oleh pengaruh tiroksin
4.      Metabolisme tambahan yang disebabkan oleh pengaruh epinefrin, norepinefrin, dan perangsangan simpatis terhadap sel
5.      Metabolisme tambahan yang disebabkan oleh meningkatnya aktivitas kimiawi di dalam sel sendiri, terutama bila suhu di dalam sel meningkat
6.      Metabolisme tambahan yang diperlukan untuk pencernaan, absorbsi, dan penyimpanan makanan (Guyton et al, 2008).
       Selama demam, metabolisme meningkat dan konsumsi oksigen bertambah. Metabolisme tubuh meningkat 7% untuk setiap derajat kenaikan suhu. Fekuensi jantung dan pernapasan meningkat untuk memenuhi kebutuhan metabolic tubuh terhadap nutrient. Metabolisme yang meningkat menggunakan energi yang memproduksi panas tambahan.
       Jika penderita demam memiliki masalah jantung atau saluran pernapasan, stress karena demam dapat menjadi besar. Demam yang lama dapat melelahkan penderita dengan menghabiskan simpanan energi. Peningkatan metabolisme membutuhkan tambahan oksigen. Jika kebutuhan oksigen tidak terpenuhi, terjadi hipoksia selular (oksigen tidak adekuat). Hipoksiamiokard mengakibatkan angina (nyeri dada). Hipoksia serebral mengakibatkan konvusi.
       Penanganan selama demam termasuk terapi oksigen. Mekanisme regulasi digunakan untuk mengatasi demam yang membuat penderita beresiko kekurangan volume cairan. Kehilangan air melalui peningkatan pernapasan dan diaforesis dapat menjadi berlebihan. Dehidrasi dapat menjadi masalah serius pada lansia dan anak-anak yang berat badannya rendah. Mempertahankan keadaan volume cairan yang optimum merupakan tindakan penanganan demam yang penting (Anonim,D., 2009).
G.      Bagaimanakah cara penatalaksanaan saat terjadi demam?
1.      Farmakologi
a)      Parasetamol
Parasetamol dapat diberikan setiap 6 jam sesuai kebutuhan. Dosis parasetamol berdasarkan BB bukan usia. Jenis obat yang mengandung parasetamol sangat banyak seperti Tempra, Sanmol, Praxion, Naprex, Bodrexin sirup, Dumin, Termorex, dll. Dosis 10-15 mg/kg berat badan (BB) per kali pemberian, maksimal 60 mg/kg BB per hari. Apabila orang tua kesulitan dalam menghitung dosis hendaknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker. Dalam memilih obat demam, pilih obat yang tidak mengandung alkohol, karena beberapa produk sirup juga ada yang menggunakan alkohol sebagai campurannya.
Obat ini mempunyai banyak sediaan yaitu tablet, sirup, drop, dan suppositoria. Sediaan drop diberikan pada bayi dengan BB dibawah 10 kg atau pada anak dengan kesulitan minum obat karena volume pemberian relatif sedikit. Pada anak dengan BB diatas 10 kg dapat diberikan sirup. Tablet diberikan pada anak usia diatas 12 tahun. Dari penelitian terbukti bahwa pemberian oral dan suppositoria sama efektifnya. Sediaan suppositoria (melalui dubur) diberikan bila pemberian oral tidak memungkinkan, contohnya anak dengan muntah profuse, anak tidur, atau tidak sadar.
Paracetamol (para acetoaminophenol) suatu obat untuk mengurangi demam (antipiretik) dan nyeri (analgetik). Obat ini aman untuk bayi dan anak sesuai kebutuhan, karena itu dapat dibeli bebas. Obat ini dimetabolisme di hati sehingga bila dosis berlebih dapat menimbulkan gangguan fungsi hati. Efek samping obat (ESO) bersifat reversible, penghentian obat dapat memperbaiki keadaan umum anak dan ESO akan berangsur-angsur hilang sehingga kondisi anak kembali normal.
Sediaan Parasetamol
b)      Ibuprofen
Dosis obat ini adalah: 5-10 mg/kg BB setiap kali pemberian, maksimal 40 mg/kg BB/hari. Contoh obat yang mengandung ibuprofen antara lain Proris, Rhelafen, Fenris, Bufect, dll.
c)      Asetosal
Hati-hati peberian obat ini pada anak usia dibawah 12 tahun. Contoh obat yang mengandung asetosal antara lain Aspilet, Bodrexin tablet, Contrexyn, Inzana (Anonim,E., 2009).
2.      Non-Farmakologi
Dikompres dengan air hangat karena yang terjadi adalah pusat pengatur suhu akan menangkap sinyal bahwa disekitar tubuh hangat maka pusat pengatur suhu akan menurunkan suhu tubuh untuk mengimbangi. Respon pada tubuh akan terjadi vasodilatasi. Vasodilatasi ini yang menyebabkan pembuangan atau pelepasan panas dari dalam tubuh melalui kulit sehingga suhu tubuh akan menurun. Inilah efek yang diinginkan dalam penggunaan kompres yaitu untuk menurunkan demam (Anonim,F., 2009).
BAB III
PEMBAHASAN

A.      Skenario
       Pagi itu Dea, mahasiswi kedokteran semester satu, mengeluh demam dan menggigil. Demamnya terus menerus, tidak turun walaupun sudah dikompres dan minum obat. Oleh kakak tingkatnya diperiksa suhu tubuhnya menggunakan termometer di Axilla dan hasilnya 39°celcius.
Dea bertanya “Kenapa ya kak saya bisa demam?”
“Demam itu macam-macam sebabnya, organ yang paling berperan adalah hipotalamus.....”
B.       Analisis Skenario
       Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37°celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh melawan infeksi. Demam ini akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak leukosit, membuat lebih banyak antibodi dan membuat lebih banyak zat-zat lain untuk melawan infeksi. Demam ini hanyalah tanda infeksi, namun penderita penyakit serius dengan infeksi dapat tanpa demam atau suhu lebih rendah daripada normal. Lagipula ada banyak penyebab demam selain infeksi. Demam adalah akibat kondisi yang ditimbulkan oleh perubahan dalam pusat pengatur panas melalui pengaruh sitokin yang dihasilkan oleh makrofag (Shulman et al, 1994).
Demam terjadi dengan mekanismenya yaitu berawal saat pelepasan pirogen endogen  dari dalam leukosit yang sebelumnya telah terangsang oleh pirogen eksogen yang dapat berasal dari mikrorganisme atau merupakan suatu hasil reaksi imunologik yang tidak berdasarkan suatu infeksi. Dewasa ini diduga bahwa pirogen adalah suatu protein yang identik dengan interleukin-1. Didalam hipotalamus zat ini akan merangsang penglepasan asam arakhidonat serta mengakibatkan peningkatan sintesis prostaglandin E2 yang langsung dapat menyebabkan suatu pireksia (Sudoyo et al, 2007).
Salah bila selama ini masyarakat umum berasumsi bahwa demam adalah suatu keadaan sakit. Karena pada kenyataannya demam malah menjadi teman bagi tubuh karena berawal dari demam yang diatur oleh pusat pengatur suhu di hipotalamus setelah menerima adanya rangsang kemudian meresponnya dengan pengaktifan thermostat hipotalamus inilah yang menimbulkan panas dan lalu panas ini akan membantu sistem imun tubuh semakin aktif sehingga tubuh mampu melawan agen-agen patogen asing yang akan masuk ke dalam tubuh dan kemudian berkembang di dalam tubuh (Declan, 1997).
       Setelah hipotalamus mengontrol mekanisme suhu tubuh tadi itulah terjado perubahan termoregulasi ke arah atas yang menyebabkan penyimpanan panas melalui aktivitas gemetar, vasokontriksi kulit, dan sumber-sumber produksi lainnya. Pada fase awal demam, individu akan menggigil dan merasa dingin karena pengaturan baru dari suhu tubuh, maka menggigil akan berhenti. Kontrol suhu tubuh dicapai dengan menyeimbangkan kehilangan dan penyimpanan panas. Mekanisme kehilangan panas yang penting adalah vasodilatasi dan berkeringat. Berkeringat terlihat menonjol saat panas mulai turun. Mekanisme ini berada di bawah kontrol kolinergik sehingga obat-obat dengan efek antikolinergik dapat menyebabkan intoleransi panas (Declan, 1997).
       Pada saat demam ini, terdapat beberapa cara-cara untuk penatalaksanaannya. Cara penatalaksanaan ini dibagi menjadi 2 yaitu dengan obat atau metode farmakologi dan non-obat atau metode terapi. Dalam memberikan penanganan secara obat, penderita dapat diberikan parasetamol karena parasetamol ini adalah suatu obat antipiretik yang sifatnya dapat mengurangi suhu atau menurunkan panas. Namun harap diperhatikan bahwa obat ini hanya mengurangi gejala penyakit dan bukan untuk mengobati penyakit. Selain itu ada juga asetosal atau aspirin yang selain fungsinya sebagai analgesik atau pengurang rasa nyeri juga sebagai penurun demam yang merupakan salah satu gejala suatu peradangan atau infeksi (Aziz,S., 2008).
       Khusus pada penanganan metode obat ini diperhatikan pula penyebab-penyebab terjadinya demam, misalnya demam yang diakibatkan oleh adanya invasi bakterial maka dapat diberikan antibiotik, karena sifat antibiotik sendiri adalah akan mengikat bakteri dari luar tersebut supaya tidak dapat berkembang atau melakukan pertumbuhan di dalam tubuh. Sedangkan demam yang diakibatkan oleh invasi virus, hal ini perlu digari bawahi bahwa demam akibat virus ini biasanya bersifat self limited disease atau tubuh dapat pulih dengan sendirinya oleh adanya kekuatan sistem imun tubuh. Dan oleh karena itu sangat disarankan untuk diberikan imuno-modulator.
       Kemudian untuk penanganan dengan metode terapi dapat dilakukan dengan memngompres bagian tubuh yang dirasakan panas dengan menggunakan air hangat bukan air dingin seperti yang selama ini dilakukan oleh masyarakat umum. Karena apabila tubuh dikompres dengan air dingin maka termoregulator atau pengatur suhu yang ada di tubuh kita akan merespon sinyal dingin tadi kemudian termoregulator ini akan menaikkan suhu tubuh kita untuk mengimbangi, jadi bukannya suhu tubuh kita terasa dingin karena suhu panasnya turun, namun yang ada adalah suhu tubuh kita semakin naik karena respons dari termoregulator tersebut. Sedangkan bila tubuh kita dikompres dengan air hangat maka pusat pengatur suhu akan menangkap sinyal bahwa disekitar tubuh hangat maka termoregulator akan menurunkan suhu tubuh untuk mengimbangi suhu disekitar tubuh tadi. Respon tubuh akan terjadi vasodilatasi yang menyebabkan pembuangan atau pelepasan panas dari dalam tubuh melalui kulit sehingga suhu tubuh akan menurun dan inilah efek yang diinginkan dalam kompres untuk menurunkan demam (Anonim,F., 2009).










BAB IV
PENUTUP

A.       Kesimpulan
       Dari pembahasan laporan tutorial diatas yang membahas tentang demam ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.             Demam merupakan suatu respons tubuh terhadap jangkitan penyakit yang menyerang tubuh.
2.             Demam ini akan membantu tubuh dalam pengaktifan sistem imun tubuh.
3.             Demam selain dibedakan sesuai dengan tingkat batasan suhu juga dibedakan berdasar asal mula penyebabnya seperti misalnya disebabkan oleh virus maupun demam yang disebabkan oleh bakteri.
4.             Demam yang disebabkan oleh virus bersifat self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya oleh sistem imun tubuh.
5.             Sebagai cara penanganan selain farmakologi dengan pemberian parasetamol atau asetosal, dapat dengan terapi kompres dengan air hangat.
B.       Saran
Dari pembahasan materi di bagian atas dapat diperhatikan beberapa hal yang mungkin bisa digunakan untuk pembenahan diri yaitu :
1.             Sebaiknya mahasiswa tahu akan pentingnya demam sebagai gejala penyakit atau respon tubuh terhadap agen patogen.
2.             Kita semua harus menjaga kondisi tubuh sebaik mungkin supaya sistem imun tubuh kuat sehingga bakteri atau virus serta benda asing lain yang masuk ke dalam tubuh dapat direspon oleh tubuh dengan baik.
3.             Kita harus mengubah persepsi kita tentang demam yang merupakan suatu keadaan sakit karena kenyataannya demam hanyalah suatu gejala penyakit pernafasan.
4.             Mahasiswa harus selalu mencari pengetahuan secara mandiri mengenai berbagai macam penyakit yang ditandai dengan keadaan demam.
5.             Kita harus tahu bahwa obat-obat demam bukan untuk menyembuhkan namun hanya untuk menurunkan suhu panas saat demam.
DAFTAR PUSTAKA

Aziz,S., 2008. Kembali Sehat Dengan Obat (Mengenal Manfaat dan Bahaya Obat), Edisi 2. Jakarta : Pustaka Populer Obor
Declan, T. Wash, 1997. Kapita Selekta Penyakit dan Terapi. Jakarta : EGC
Guyton, C. Arthur; Hall, E. John., 2007. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, Edisi 11. Jakarta : EGC
Price, A. Sylvia; Wilson, M. Lorraine., 2005. Patofiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi 6 Volume 1. Jakarta : EGC
Robbins, L. Stanley; Cotran, S. Ramzi; Kumar, V., 2007. Buku Ajar Patologi Robbins, Edisi 7 Volume 1. Jakarta : EGC
Sudoyo et al, 2007. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta : Balai Penerbit FKUI
Shulman, S. T; Phair, J. P; Sommers, H. M., 1994. Dasar Biologis & Klinis Penyakit Infeksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Anonim, A., 2008. Pentingnya Demam. http://nusaindah.tripod.com/kesdemamtifoid.htm(diakses 3 Januari 2010)
Anonim, C., 2009. Patofisiologi Demam. http://keluargasehat.wordpress.com/2009/08/13/apakah-demam-itu/(diakses 7 Januari 2010)
Anonim, D., 2009. Penyebab demam serta metabolisme tubuh di saat terjaidnya demam.
http://www.smallcrab.com/kesehatan/447-sekilas-mengenal-demam(diakses 3 Januari 2010)
Anonim, E., 2009. Demam anak beserta dengan penyebabnya dan penanganannya sesuai dengan sebab-sebab juga akibatnya. http://www.permatacibubur.com/en/see.php?id=artikel&lang=id (diakses 7 Januari 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar